MATERI PEMBELAJARAAN SENI BUDAYA KELAS 7 SEMESTER 1
RENCANA MATERI PEMBELAJARAN SENI BUDAYA KELAS 7 SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2021/2022
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR SENI BUDAYA SMP/MTs KELAS: VII
A. SENI RUPA
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual adalah “Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial adalah “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini, yaitu siswa mampu :
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) |
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) |
3. memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata |
4. mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori |
|
KOMPETENSI DASAR |
|
KOMPETENSI DASAR |
3.1 |
memahami unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar flora, fauna dan alam benda dengan berbagai bahan |
4.1
|
menggambar flora, fauna, dan alam benda |
3.2 |
memahami prinsip dan prosedur menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias |
4.2 |
menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias |
3.3 |
memahami prosedur penerapan ragam hias pada bahan buatan |
4.3 |
membuat karya dengan berbagai motif ragam hias pada bahan buatan |
3.4 |
memahami prosedur penerapan ragam hias pada bahan alam |
4.4 |
membuat karya dengan berbagai motif ragam hias pada bahan alam |
B. SENI MUSIK
spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual adalah “Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial adalah “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini, yaitu siswa mampu :
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) |
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) |
3. memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata |
4. mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori |
|
KOMPETENSI DASAR |
|
KOMPETENSI DASAR |
3.1 |
memahami konsep dasar bernyanyi satu suara secara berkelompok dalam bentuk unisono |
4.1 |
menyanyikan lagu dengan satu suara secara berkelompok dalam bentuk unisono |
3.2 |
memahami dasar bernyanyi dengan dua suara atau lebih secara berkelompok |
4.2 |
menyanyikan lagu dengan dua suara atau lebih dalam bentuk kelompok vokal |
3.3 |
memahami konsep dasar permainan alat musik sederhana secara perorangan |
4.3 |
memainkan alat musik sederhana secara perorangan |
3.4 |
memahami konsep dasar ansamble musik. |
4.4 |
memainkan ansamble musik sejenis dan campuran. |
|
Materi Seni Budaya SMP/MTs Kelas 7 Semester Ganjil Kurikulum 2013 |
Materi Seni Budaya SMP/MTs Kelas 7 Semester Ganjil Kurikulum 2013 – Selama pembelajaran berlangsung, bapak dan ibu guru berpedoman pada Buku Guru dan Buku Siswa sesuai dengan Kurikulum yang berlaku pada saat ini. Begitu juga bila bapak dan ibu guru mengajar mata pelajaran Seni Budaya SMP/MTs Kelas 7 Semester Ganjil.
Jika mengacu pada buku siswa Seni Budaya SMP/MTs kelas 7
semester ganjil terdiri dari 8 bab. Karena total keseluruhan bab yang diampu kepada
peserta didik 16 bab untuk 2 semester. Tetapi materinya disesuaikan dengan
keadaan sekolah masing-masing.
Oleh karena itu bagi bapak dan ibu guru, siswa dan orang tua/wali murid yang membutuhkan materi Seni Budaya SMP/MTs Kelas 7 Semester Ganjil untuk pembelajaran, berikut kami berikan Materi Seni Budaya SMP/MTs Kelas 7 Semester 1 Kurikulum 2013 :
Seni Rupa
Bab 1 Menggambar Flora, Fauna, dan Alam Benda
A. Pengertian Menggambar
B. Objek Menggambar
C. Komposisi
D. Teknik Menggambar
E. Gambar
F. Uji Kompetensi
G. Rangkuman
H. Refleksi
Bab 2 Menggambar Ragam Hias
A. Pengertian Ragam Hias
B. Motif Ragam Hias
C. Pola Ragam Hias
D. Teknik Menggambar Ragam Hias
E. Uji Kompetensi
F. Rangkuman
G. Refleksi
Seni Musik
Bab 3 Menyanyi dengan Satu Suara
A. Bernyanyi Secara Unisono
B. Teknik Vokal dan Organ Suara Manusia
C. Berlatih Vokal
D. Uji Kompetensi
E. Rangkuman
F. Refleksi
Bab 4 Menyanyi dengan Lebih Satu Suara
A. Musik Ansambel
B. Musik Indonesia
C. Memainkan Alat Musik Melodis
D. Uji Kompetensi
E. Rangkuman
F. Refleksi
0 Comments