RENCANA PENILAIAN MAPEL SENI BUDAYA KELAS 7 SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Penilaian
1. Sikap spiritual
a. Teknik Penilaian : Penilaian diri
b. Bentuk Instrumen: Skala
c. Kisi-kisi :
No. |
Sikap/nilai |
No. Butir |
1. |
Menerima dengan baik keragaman dan keunikan karya gambar fauna sebagai anugerah Tuhan |
1 (a, b, c) |
2. |
Menghargai keragaman dan keunikan karya gambar fauna sebagai anugerah Tuhan |
2 (a, b, c) |
Instrumen: lihat Lampiran 1.
2. Sikap sosial
a. Teknik Penilaian : Pengamatan
b. Bentuk Instrumen: Lembar Observasi
c. Kisi-kisi :
1) Penilaian sikap sosial untuk diskusi
No. |
Nilai |
Deskripsi |
No. Butir |
1 |
Menghargai orang lain |
Menghargai orang lain pendapat orang lain |
1 |
2 |
Jujur |
Mengekspresikan gagasan dengan jujur |
2 |
3 |
Disiplin |
Mengikuti kegiatan diskusi degan disiplin |
3 |
Instrumen: lihat Lampiran 2 b
2) Penilaian sikap sosial dalam untuk kegiatan menanggapi karya dan berkarya
Objek gambar: Fauna
No. |
Nilai |
Deskriptor |
No. Butir |
1. |
Menghargai orang lain |
Menghargai orang lain dalam menanggapi karya gambar |
1 |
Menghargai orang lain dalam menggambar |
2 |
||
2. |
Jujur |
Menunjukkan sikap jujur dalam menanggapi karya gambar |
3 |
Menunjukkan sikap jujur dalam menggambar |
4 |
||
3. |
Disiplin |
Bersikap disiplin dalam menanggapi karya gambar |
5 |
Bersikap disiplin dalam menggambar |
6 |
3. Pengetahuan
Penilaian Seni Rupa
a. Teknik Penilaian : Tes Objektif
b. Bentuk Instrumen : Tes isian singkat
c. Kisi-kisi :
No. |
Indikator |
No. Butir |
1. |
Mengidentifikasi unsur-unsur gambar fauna dengan benar |
1-4 |
2. |
Mengidentifikasi prosedur dan teknik menggambar fauna dengan benar |
6-10 |
Instrumen: lihat Lampiran 3
4. Keterampilan
a. Teknik Penilaian : Tes praktik
b. Bentuk Instrumen: Tes uji petik kerja
c. Kisi-kisi:
No. |
Indikator |
No. Butir |
1. |
Menggambar bentuk |
1 |
2. |
Mempresentasikan gambar bentuk dalam diskusi kelas. |
2 |
Kompetensi Pengetahuan
Penilaian Seni Musik
a. Teknik Penilaian: tes tertulis
b. Bentuk Instrumen: tes uraian dan lembar kerja Kisi-kisi:
No. |
Indikator |
Jumlah butir soal |
No butir soal |
|
Menjelaskan pengertian unisono dalam bernyanyi |
1 |
1 |
|
Menjelaskan pengertian sikap badan, tehnik pernafasan , frasering, artikulasi, intonasi dan ekspresi ( dinamik dan tempo ) dalam menyanyi unisono |
9 |
2-10 |
c. Instrumen: Lihat Lampiran
d. Petunjuk Penghitungan skor : Lihat Lampiran
3. Keterampilan
a. Teknik Penilaian : tes praktek
b. Bentuk Instrumen: lembar penilaian Praktek
c. Kisi-kisi:
No. |
Indikator |
Jumlah Butir Soal |
1 |
2 |
3 |
4 |
|
Frasering |
1 |
||||
|
Artikulasi |
1 |
||||
|
Intonasi |
1 |
||||
|
Ekspresi |
1 |
d. Instrumen: Lihat Lampiran
e. Petunjuk Penghitungan skor
INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN ( TES TERTULIS)
A. Petunjuk Umum
1. Instrumen penilaian pengetahuan ini berupa Soal Uraian
2. Soal Uraian ini dijawab oleh peserta didik
B. Soal Uraian
C. Petunjuk Penskoran dan Penentuan Nilai
Kunci Jawaban :
NO |
Kunci Jawaban |
Skor |
1 |
Bernyanyi bersama dengan 1 suara seperti menyanyikan melodi suatu lagu |
10 |
2 |
Agar mutu suara bagus dan suara dapat enak didengar |
10 |
3 |
Pernafasan dada, pernafasan perut dan pernafasan diafragma |
10 |
4 |
Pemenggalan kelompok kata dalam kalimat lagu sehingga mudah dipahami |
10 |
5 |
Cara pengucapan kata yang jelas dalam bernyanyi |
10 |
6 |
Ketepatan nada/ tinggi rendahnya suatu nada yang harus dijangkau secara tepat dalam bernyanyi |
10 |
7 |
Penjiwaan lagu yang dibawakan oleh penyanyi secara bersama |
10 |
8 |
Bungong jeumpa, bolelebo, Anging Mamiri, Apuse |
10 |
9 |
NAD, NTT, SULSEL, Papua |
10 |
10 |
Menceritakan tentang keindahan bunga cempaka |
10 |
D. Rubrik Penilaian
NO |
Deskriptor |
Skor |
1 |
Jika jawaban lengkap : Bernyanyi bersama dengan 1 suara seperti menyanyikan melodi suatu lagu Jika jawaban kurang Lengkap Bernyanyi bersama 1 suara seperti menyanyikan lagu Jika jawaban kurang Lengkap Menyanyikan melodi suatu lagu Jika jawaban kurang Lengkap Menyanyikan lagu |
10
7,5
5,0
2,5 |
2 |
Jika jawaban lengkap : Agar mutu suara bagus dan suara enak dinikmati Jika jawaban kurang lengkap Agar mutu suara bagus dan enak dinikmati Jika jawaban kurang lengkap Agar suara enak dinikmati Jika jawaban kurang lengkap Agar bagus |
10
7,5
5,0
2,5 |
3 |
Jika jawaban lengkap : Pernafasan dada, pernafasan perut dan pernafasan diafragma Jika jawaban kurang lengkap : Pernafasan dada, pernafasan perut Jika jawaban kurang lengkap : Pernafasan dada, Jika jawaban kurang lengkap : Pernafasan |
10
7,5
5,0
2,5 |
4 |
Jika jawaban lengkap : Pemenggalan kelompok kata dalam kalimat lagu sehingga mudah dipahami Jika jawaban kurang lengkap : Pemenggalan kelompok kata dalam kalimat lagu Jika jawaban kurang lengkap : Pemenggalan lagu agar mudah dipahami Jika jawaban kurang lengkap : Pemenggalan lagu |
10
7,5
5,0
2,5 |
5 |
Jika jawaban lengkap : Cara pengucapan kata yang jelas dalam bernyanyi Jika jawaban kurang lengkap : Cara pengucapan kata dalam bernyanyi Jika jawaban kurang lengkap : Pengucapan kata Jika jawaban kurang lengkap : Pengucapan |
10
7,5
5,0
2,5 |
6 |
Jika jawaban lengkap : Ketepatan nada/ tinggi rendahnya suatu nada yang harus dijangkau secara tepat dalam bernyanyi Jika jawaban kurang lengkap : Ketepatan nada/ tinggi rendahnya suatu nada yang harus dijangkau secara tepat Jika jawaban kurang lengkap : Ketepatan nada/ tinggi rendahnya suatu nada yang harus dijangkau secara tepat dalam bernyanyi Jika jawaban kurang lengkap : Ketepatan nada/ tinggi rendahnya suatu nada |
10
7,5
5,0
2,5 |
7 |
Jika jawaban lengkap : Penjiwaan lagu yang dibawakan oleh penyanyi secara bersama Jika jawaban kurang lengkap : Penjiwaan lagu yang dibawakan oleh penyanyi Jika jawaban kurang lengkap : Penjiwaan lagu dari penyanyi Jika jawaban kurang lengkap : Penjiwaan lagu |
10
7,5
5,0
2,5 |
8 |
Jika jawaban lengkap : Bungong Jeumpa, Bolelebo, Anging Mamiri,Apuse Jika jawaban kurang lengkap : Bungong Jeumpa, Bolelebo, Anging Mamiri, Jika jawaban kurang lengkap : Bungong Jeumpa, Bolelebo, Jika jawaban kurang lengkap : Bungong Jeumpa, |
10
7,5
5,0
2,5 |
9 |
Jika jawaban lengkap : NAD, NTT, SULSEL, Papua Jika jawaban kurang lengkap : NAD, NTT, SULSEL, Jika jawaban kurang lengkap : NAD, NTT, Jika jawaban kurang lengkap : NAD |
10
7,5
5,0
2,5 |
10 |
Jika jawaban lengkap : Menceritakan tentang keindahan bunga cempaka Jika jawaban kurang lengkap : Menceritakan tentang keindahan bunga Jika jawaban kurang lengkap : Menceritakan tentang keindahan (lambat), Moderato (sedang) Jika jawaban kurang lengkap : keindahan bunga |
10
7,5
5,0
2,5 |
E. Kriteria Penilaian
1. Setiap butir soal memiliki rentang skor 2,5 - 10
2. Skor total apabila semua jawaban benar adalah 100
Catatan :
Besar scor ditentukan oleh tiap guru mata pelajaran berdasarkan jenjang pengetahuan yang diukur ( C1-C3 ) dan tingkat kesulitan soal
3. Nilai Peserta didik menggunakan rumus :
Score Akhir = Score yang diperoleh peserta didik X 100
Score Total X 100
4. Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM ) minimal 67
0 Comments