Kelas Bu Novi

Kelas Bu Novi
Kelas Bu Novi

RENCANA PENILAIAN PEMBELAJARAAN SENI BUDAYA KELAS 7 SEMESTER 1

 

RENCANA PENILAIAN MAPEL SENI BUDAYA KELAS 7 SEMESTER 1

TAHUN PELAJARAN 2021/2022

 

 

Penilaian

1. Sikap spiritual

a.    Teknik Penilaian : Penilaian diri

b.    Bentuk Instrumen: Skala

c.    Kisi-kisi    :

No.

Sikap/nilai

No. Butir 

1.

Menerima dengan baik keragaman dan keunikan karya gambar fauna sebagai anugerah Tuhan

1 (a, b, c)

2.

Menghargai keragaman dan keunikan karya gambar fauna sebagai anugerah Tuhan

2 (a, b, c)

Instrumen: lihat Lampiran 1.

 

2. Sikap sosial

a.    Teknik Penilaian : Pengamatan

b.    Bentuk Instrumen: Lembar Observasi 

c.    Kisi-kisi    : 

 

1) Penilaian sikap sosial untuk diskusi

No.

Nilai

Deskripsi

No. Butir

1

Menghargai orang lain

Menghargai orang lain pendapat orang lain

1

2

Jujur

Mengekspresikan gagasan dengan jujur 

2

3

Disiplin

Mengikuti kegiatan diskusi degan disiplin

3

Instrumen: lihat Lampiran 2 b

 

2) Penilaian sikap sosial dalam untuk kegiatan menanggapi karya dan berkarya

Objek gambar: Fauna 

No.

Nilai

Deskriptor

No. Butir

1.

Menghargai orang lain

Menghargai orang lain dalam menanggapi karya gambar 

1

Menghargai orang lain dalam menggambar 

2

2.

Jujur

Menunjukkan sikap jujur dalam menanggapi karya gambar 

3

Menunjukkan sikap jujur dalam menggambar 

4

3.

Disiplin

Bersikap disiplin dalam menanggapi karya gambar 

5

Bersikap disiplin dalam menggambar 

6

 

 

3. Pengetahuan

    Penilaian Seni Rupa

 

a.     Teknik Penilaian : Tes Objektif

b.     Bentuk Instrumen : Tes isian singkat

c.     Kisi-kisi  :

No.

Indikator

No. Butir 

1.

Mengidentifikasi unsur-unsur gambar fauna dengan benar

1-4

2.

Mengidentifikasi prosedur dan teknik menggambar fauna dengan benar

6-10

 Instrumen: lihat Lampiran 3

 

4. Keterampilan

a.    Teknik Penilaian : Tes praktik

b.    Bentuk Instrumen: Tes uji petik kerja

c.    Kisi-kisi:

No.

Indikator

No. Butir 

1.

Menggambar bentuk 

1

2.

Mempresentasikan gambar bentuk  dalam diskusi kelas.

2

 

 

 

Kompetensi Pengetahuan

Penilaian Seni Musik

 

                           a.          Teknik Penilaian: tes tertulis

                           b.          Bentuk Instrumen: tes uraian dan lembar kerja Kisi-kisi:

 

 

No.

 

Indikator

 

Jumlah butir soal

 

No butir soal

 

  1.  

Menjelaskan pengertian unisono dalam bernyanyi

1

1

 

  1.  

Menjelaskan pengertian sikap badan, tehnik pernafasan , frasering, artikulasi, intonasi dan ekspresi ( dinamik dan tempo ) dalam menyanyi unisono

9

2-10

 

                            c.          Instrumen: Lihat Lampiran

                           d.          Petunjuk Penghitungan skor : Lihat Lampiran

 

      3.            Keterampilan

a.        Teknik Penilaian            : tes praktek

b.        Bentuk Instrumen:  lembar penilaian Praktek

c.         Kisi-kisi:

 

 

No.

 

Indikator

 

Jumlah Butir Soal

 

1

 

2

 

3

 

4

 

  1.  

Frasering

1





 

  1.  

Artikulasi

1





 

  1.  

Intonasi

1





 

  1.  

Ekspresi

1





 

d.        Instrumen: Lihat Lampiran

e.        Petunjuk Penghitungan skor

 

INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN ( TES TERTULIS)

 

A.      Petunjuk Umum

        1.   Instrumen penilaian pengetahuan ini berupa Soal Uraian

        2.   Soal Uraian ini dijawab oleh peserta didik

 

B.       Soal Uraian

 

C.       Petunjuk Penskoran  dan Penentuan Nilai

Kunci Jawaban :

NO

Kunci Jawaban

Skor

1

Bernyanyi bersama dengan 1 suara seperti menyanyikan melodi suatu lagu

10

2

Agar mutu suara  bagus dan suara dapat enak didengar

10

3

Pernafasan dada, pernafasan perut dan pernafasan diafragma

10

4

Pemenggalan kelompok kata dalam kalimat lagu sehingga mudah dipahami

10

5

Cara pengucapan kata yang jelas dalam bernyanyi

10

6

Ketepatan nada/ tinggi rendahnya suatu nada yang harus dijangkau secara tepat dalam bernyanyi

10

7

Penjiwaan lagu yang dibawakan oleh penyanyi secara bersama

10

8

Bungong jeumpa, bolelebo, Anging Mamiri, Apuse

10

9

NAD, NTT, SULSEL, Papua

10

10

Menceritakan tentang keindahan bunga cempaka

10

 

 

D.      Rubrik Penilaian

 

NO

Deskriptor

Skor

1

Jika jawaban lengkap :

Bernyanyi bersama dengan 1 suara seperti menyanyikan melodi suatu lagu

Jika jawaban kurang Lengkap

Bernyanyi bersama 1 suara seperti menyanyikan lagu

Jika jawaban kurang Lengkap

Menyanyikan melodi suatu lagu

Jika jawaban kurang Lengkap

Menyanyikan lagu

 

10

 

 

7,5

 

5,0

 

2,5

2

Jika jawaban lengkap :

Agar mutu suara  bagus dan suara enak dinikmati

Jika jawaban kurang lengkap

Agar mutu suara  bagus dan enak dinikmati

Jika jawaban kurang lengkap

Agar suara enak dinikmati

Jika jawaban kurang lengkap

Agar bagus

10

 

7,5

 

5,0

 

2,5

 3

Jika jawaban lengkap :

Pernafasan dada, pernafasan perut dan pernafasan diafragma

Jika jawaban kurang lengkap :

Pernafasan dada, pernafasan perut

Jika jawaban kurang lengkap :

Pernafasan dada,

Jika jawaban kurang lengkap :

Pernafasan

 

10

 

7,5

 

5,0

 

2,5

4

Jika jawaban lengkap :

Pemenggalan kelompok kata dalam kalimat lagu sehingga mudah dipahami

Jika jawaban kurang lengkap :

Pemenggalan kelompok kata dalam kalimat lagu

Jika jawaban kurang lengkap :

Pemenggalan  lagu agar mudah dipahami

Jika jawaban kurang lengkap :

Pemenggalan  lagu

10

 

7,5

 

5,0

 

2,5

5

Jika jawaban lengkap :

Cara pengucapan kata yang jelas dalam bernyanyi

Jika jawaban kurang lengkap :

Cara pengucapan kata dalam bernyanyi

Jika jawaban kurang lengkap :

Pengucapan kata

Jika jawaban kurang lengkap :

Pengucapan

10

 

7,5

 

5,0

 

2,5

6

Jika jawaban lengkap :

Ketepatan nada/ tinggi rendahnya suatu nada yang harus dijangkau secara tepat dalam bernyanyi

Jika jawaban kurang lengkap :

Ketepatan nada/ tinggi rendahnya suatu nada yang harus dijangkau secara tepat

Jika jawaban kurang lengkap :

Ketepatan nada/ tinggi rendahnya suatu nada yang harus dijangkau secara tepat dalam bernyanyi

Jika jawaban kurang lengkap :

Ketepatan nada/ tinggi rendahnya suatu nada

10

 

 

7,5

 

 

5,0

 

 

2,5

 7

Jika jawaban lengkap :

Penjiwaan lagu yang dibawakan oleh penyanyi secara bersama

Jika jawaban kurang lengkap :

Penjiwaan lagu yang dibawakan oleh penyanyi

Jika jawaban kurang lengkap :

Penjiwaan lagu dari penyanyi

Jika jawaban kurang lengkap :

Penjiwaan lagu

 

10

 

7,5

 

5,0

 

2,5

8

Jika jawaban lengkap :

Bungong Jeumpa, Bolelebo, Anging Mamiri,Apuse

Jika jawaban kurang lengkap :

Bungong Jeumpa, Bolelebo, Anging Mamiri,

Jika jawaban kurang lengkap :

Bungong Jeumpa, Bolelebo,

Jika jawaban kurang lengkap :

Bungong Jeumpa,

 

10

 

7,5

 

5,0

 

2,5

9

Jika jawaban lengkap :

NAD, NTT, SULSEL, Papua

Jika jawaban kurang lengkap :

NAD, NTT, SULSEL,

Jika jawaban kurang lengkap :

NAD, NTT,

Jika jawaban kurang lengkap :

NAD

10

 

7,5

 

5,0

 

2,5

10

Jika jawaban lengkap :

Menceritakan tentang keindahan bunga cempaka

Jika jawaban kurang lengkap :

Menceritakan tentang keindahan bunga

Jika jawaban kurang lengkap :

Menceritakan tentang keindahan (lambat), Moderato (sedang)

Jika jawaban kurang lengkap :

keindahan bunga

 

10

 

7,5

 

5,0

 

2,5

 

 

E.       Kriteria Penilaian

 

1.      Setiap butir soal  memiliki rentang skor  2,5  - 10

 

2.      Skor total apabila semua jawaban benar adalah 100

 

        Catatan :

 

        Besar scor ditentukan oleh tiap guru mata pelajaran berdasarkan jenjang pengetahuan yang diukur ( C1-C3 ) dan tingkat kesulitan soal

 

 

3.      Nilai Peserta didik menggunakan rumus :

 

Score Akhir   =    Score yang diperoleh peserta didik X 100

                                         Score Total X 100

 

 

4.      Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM ) minimal  67

 

 

Post a Comment

0 Comments