PERHITUNGAN KKM
NAMA SEKOLAH : SMP NEGERI 1 KALORAN
MATA PELAJARAN : SENI BUDAYA
KELAS/ SEMESTER : VII / 1 dan 2
TAHUN PELAJARAN : 2021/2021
KOMPETENSI INTI
KI 1 |
Menerima,menanggapi dan menghargai ajaran agama yang dianutnya |
KI 2 |
Menghargai perilaku jujur,disiplin,tanggungjawab,peduli,santun,rasa ingin tahu, percaya diri dan memotivasi internal, toleransi,pola hidup sehat, ramah lingkungan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya |
KI 3 |
Memahami pengetahuan factual,konseptual dan procedural dalam ilmu pengetahuan,teknologi,seni,budaya, dan humaniora,dengan wawasan kebangsaan,kenegaraan,dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata |
KI 4 |
Mencoba,mengolah,dan menyaji dalam ranah konkret(menggunakan, mengurai,merangkai,memodifikasi dan membuat) dan abstrak(menulis, membaca,menghitung dan mengarang) sesuai yang dipelajari di sekolah dan berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori |
NO |
KOMPETENSI DASAR |
MATERI PEMBELAJARAN |
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI |
KKM |
||||
KOMPLEKSITAS |
DAYA DUKUNG |
INTAKE SISWA |
KKM KD |
KKM MAPEL |
||||
1 |
3.1 Memahami unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar flora, fauna dan alam benda dengan berbagai bahan |
· Unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar 1) Pengertian Menggambar 2) Unsur-unsur seni rupa 2) Objek Menggambar 3) Komposisi 4) Alat dan Media gambar 5) Teknik-teknik menggambar 6) Prinsip-prinsip seni rupa |
3.1.1 Menjelaskan pengertian menggambar flora, fauna dan alam benda 3.1.2. Mengindentifikasi unsur-unsur seni rupa 3.1.3. Mengindentifikasi jenis-jenis obyek gambar flora, fauna dan alam benda 3.1.4 Mengidentifikasi media yang digunakan untuk menggambar flora, fauna dan alam benda 3.1.5 Mengindentifikasi teknik menggambar flora, fauna dan alam benda 3.1.6 Mendiskripsikan prinsip-prinsip dalam menggambar flora, fauna dan alam benda 3.1.7 Mengindentifikasi prosedur/tahapan-tahapan dalam menggambar
|
60
60 70
70
70
60
60
|
80
80 80
80
80
80
80
|
70
70 60
60
60
70
70 |
70
|
|
2 |
4.1 Menggambar flora, fauna, dan alam benda
|
Proses pembuatan gambar flora, fauna, dan alam benda 1. Pengertian Menggambar 2. Objek Menggambar 3. Komposisi 4. Teknik Menggambar 5. Alat dan Media gambar
|
4.1.1 Menggambar flora, fauna dan alam benda berdasarkan pengamatan objek dengan teknik dengan benar
|
70
|
80 |
60 |
70 |
|
3 |
3.2 Memahami prinsip dan prosedur menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias |
Prosedur penerapan ragam hias pada bahan buatan 1. Pengertian Ragam hias 2. Macam-macam motif ragam hias 3. Teknik-teknik menggambar flora, fauna dan geometrik 4. Pola menggambar ragam hias 5. Prinsip-prinsip dalam menggambar ragam hias |
3,2.1 Menjelaskan pengertian Ragam Hias. 3,2.2 Mengindentifikasi macam-macam motif ragam hias 3.2.3 Mendiskripsikan macam-macam motif ragam hias 3.2.4 Mendiskripsikan teknik dalam menggambar gubahan flora, fauna dan geometric menjadi ragam hias 3.2.5 Mendiskripsikan prinsip-prinsip dalam menggambar ragam hias |
60 70
60
70
60 |
80 80
80
80
80 |
70 60
70
60
70 |
70 |
|
4 |
4.2 Menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias
|
Proses pembuatan gambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias 1. Pengertian Ragam hias 2. Macam-macam motif ragam hias 3. Teknik-teknik menggambar flora, fauna dan geometrik 4. Pola meng-gambar ragam hias 5. Prinsip-prinsip dalam meng-gambar ragam hias |
4.2.1 Menggambar gubahan flora,fauna dan geometrik dengan media pensil warna dengan baik.
|
70 |
80 |
60 |
70 |
|
5 |
3.1. Memahami konsep dasar bernyanyi satu suara secara berkelompok dalam bentuk unison
|
• Bernyanyi satu suara secara berkelompok · Pembagian jenis suara laki-laki dan perempuan 1. Bernyanyi dengan satu suara 2. Unsur-unsur music 3. lagu-lagu daerah 4. Jenis-jenis suara laki-laki dan perempuan 5. teknik-teknik vocal |
3.1.1 Menjelaskan pengertian Unisono 3.1.2 Mengindentifikasi keragaman lagu daerah 3.1.3 Mengindentifikasi unsur-unsur musik 3.1.4 Mengindentifikasi jenis suara laki-laki dan perempuan 3.1.5 Menjelaskan teknik Vokal dalam bernyanyi yang meliputi : sikap badan, teknik pernafasan, frasering, artikulasi, intonasi, dan ekspresi
|
60 70 60 60
70 |
80 80 80 80
80 |
70 60 70 70
60 |
70 |
|
6 |
4.1 Menyanyikan lagu dengan satu suara secara berkelompok dalam bentuk unison
|
· Berlatih Bernyanyi Satu Suara Dengan Gerakan Tubuh dan Properti - Teknik vocal - Partitur lagu anging mamiri |
4.1.1 Menyanyikan lagu Angin Mamiri dengan menggunakan intonasi yang tepat 4.1.2 Menyanyikan lagu Angin Mamiri dengan menggunakan artikulasi yang tepat 4.1.3 Menyanyikan lagu Angin Mamiri dengan menggunakan phrasering yang tepat 4.1.4 Menyanyikan lagu Angin Mamiri secara unisono dengan interpretasi yang sesuai
|
70
70
70
70 |
80
80
80
80 |
60
60
60
60 |
70 |
|
|
|
· |
|
|
|
|
|
|
7 |
3.2. Memahami dasar bernyanyi dengan dua suara atau lebih secara berkelompok
|
● Bernyanyi dalam dua suara atau lebih secara berkelompok
- Bentuk bentuk penyajian musik - Partitur lagu suwe ora jamu
|
3.2.1.Menjelaskan pengertian bernyanyi dengan dua suara atau lebih 3.2.2 Mengindentifikasi beberapa bentuk vocal grup 3.2.3.Mendiskripsikan beberapa bentuk vocal grup 3.2.4.Mengindentifikasi pola melodi dan ritme masing-masing bagian suara serta perbedaannya 3.2.5.Mengindentifikasi perbedaan pada masing-masing suara dengan intensitas warna, tinggi rendah nada dengan suara dalam lingkungan sekitar.
|
60
60 70 70
60
|
80
80 80 80
80 |
70
70 60 60
70 |
70 |
|
8 |
4.2. Menyanyikan lagu dengan dua suara atau lebih dalam bentuk kelompok vocal |
● Bernyanyi dalam dua suara atau lebih secara berkelompok
- Partitur Lagu Suwe Ora Jamu |
4.2.1 Menyanyikan pola melodi suara satu pada lagu Suwe Ora Jamu dalam bentuk kelompok vocal 4.2.2 Menyanyikan pola melodi suara dua pada lagu Suwe Ora Jamu dalam bentuk kelompok vocal 4.2.3 Memyanyikan pola melodi dua suara pada lagu suwe Ora Jamu dalam bentuk kelompok vokal |
70
70
70 |
80
80
80 |
60
60
60 |
|
|
KKM MATERI SENI BUDAYA |
70.00 |
|||||||
KKM SEMESTER 2
|
|
|
KOMPETENSI DASAR |
MATERI PEMBELAJARAN |
PENCAPAIAN KOMPETENSI |
KKM |
||||
KOMPLEKSITAS |
DAYA DUKUNG |
INTAKE SISWA |
KKM KD |
KKM MAPEL |
||||
1 |
3.3. Memahami Prosedur Penerapan Ragam Hias Pada Bahan Buatan |
· Prosedur penerapan ragam hias pada bahan buatan 1) Penerapan Ragam Hias pada Bahan Tekstil 2) Jenis-Jenis Bahan tekstil 3) Jenis Pewarna Tekstil 4) Prosedur dalam membuar ragam hias pada bahan tekstil
|
3.3.1 Mengindentifikasi teknik penerapan ragam hias pada media tekstil 3.3.2 Mendiskripsikan teknik penerapan ragam hias pada media tekstil 3.3.3.Mengindentifikasi jenis-jenis bahan tekstil 3.3.4 Menjelaskan sifat-sifat bahan tekstil 3.3.5 Mengindentifikasi jenis-jenis pewarna tekstil 3.3.6 Mendiskripsikan teknik menggambar ragam hias pada bahan tekstil 3.3.7 Mendiskripsikan prosedur penerapan ragam hias pada bahan buatan tekstil |
60
60
70
70 |
80
80
80
80 |
70
70
60
60 |
70
|
|
2 |
4.3 Membuat Karya dengan Berbagai Motif Ragam Hias pada bahan Buatan |
1) Motif Ragam Hias Pada Bahan Buatan |
4.3.1. Membuat karya dengan berbagai motif ragam hias pada bahan tekstil |
70
|
80
|
60 |
70 |
|
3 |
3.4 Memahami Prosedur Penerapan Ragam Hias Pada Bahan Alam
|
· Prosedur penerapan ragam hias pada bahan alam 1) Penerapan Ragam Hias pada Bahan Kayu 2) Alat-alat yang digunakan membuat ragam hias pada bahan kayu 3) Teknik penerapan ragam hias |
3,4.1 Mengindentifikasi Penerapan ragam hias pada bahan kayu 3.4.2 Mendiskripsikan penerapan ragam hias pada bahan kayu 3.4.3 Mengindentifikasi teknik penerapan ragam hias pada bahan kayu 3.4.4.Mendiskripsikan teknik penerapan ragam hias pada bahan kayu 3.4.5 Mendiskripsikan rancangan motif Ragam Hias yang akan diterapkan pada baha kayu
|
60
70
70
70
70 |
80
80
80
80
80
|
70
60
60
60
60 |
70 |
|
4 |
4.4 Membuat Karya dengan Berbagai Motif Ragam Hias pada Bahan Alam
|
Proses pembuatan karya dengan menerapkan berbagai motif ragam hias pada bahan alam 1) Penerapan Ragam Hias Pada Bahan Kayu 2) Contoh Penerapan Ragam Hias 3) Teknik Penerapan Ragam Hias Pada Bahan Kayu |
4.4.2 Membuat motif ragam hias yang diterapkan pada bahan kayu/Alam |
70
|
80
|
60
|
70 |
|
5 |
3.3. Memahami Konsep Dasar Permainan Alat Musik Sederhana Secara Perorangan |
Permainan Alat Musik a. Musik Ansambel b. Teknik memainkan Alat Musik c. Memain-kan Alat Musik Melodis |
3.3.1 Mengindentifikasi penggolongan alat music berdasarkan jenisnya 3.3.2 Mendiskripsikan penggolongan alat music berdasarkan jenisnya 3.3.3 mendiskripkan teknik bermainan alat music, minimal 5 (lima) alat music 3.3.4 mendiskripsikan teknik memainkan alat music recorder |
60
60
60
60 |
80
80
80
80 |
70
70
70
70 |
70 |
|
6 |
4.3 Memainkan Alat Musik Sederhana Secara Perorangan |
Permainan Alat Musik a. Musik Ansambel b. Teknik memainkan Alat Musik c. Memainkan Alat Musik Melodis |
4.3.1 Memainkan tangga nada C Mayor 1 oktaf ( c – c’) dengan menggunakan alat music recorder 4.3.2 Memainkan lagu “Kasih Ibu” menggunakan alat music recorder |
70
70 |
80
80 |
60
60 |
70 |
|
7 |
3.4. Memahami Konsep Dasar Ansambel Musik |
Permainan Alat Musik Musik Ansambel |
3.4.1. Mendiskripsikan pengertian Ansambel 3.4.2. Mengindentifikasi beberapa alat music ansambel 3.4.3. Mendiskripsikan perbedaan alat music ansambel sejenis dan campuran |
60 60
70 |
80 80
80 |
70 70
60 |
70 |
|
8 |
4.4. Memainkan Ansambel Musik Sejenis dan Campuran
|
Musik Ansambel sejenis dan campuran Musik Ansambel |
4.4.1 Memainkan permainan ansambel sejenis dengan menggunakan recorder lagu “Alam Damai” 4.4.2 Memainkan permainan ansambel campuran lagu “Alam Damai” |
70
70 |
80
80 |
60
60 |
70 |
|
KKM MATERI SENI BUDAYA |
70.00 |
Temanggung, Juli 2021
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran
TUTIK BUDI ARTI, S.Pd, MM.Pd ISWANDI
NIP. 19670505 199412 2 003 NIP. 19700310 201406 1 001
0 Comments